Buku-Buku Karya Pakih Sati

Menulis  itu nikmat. Tidak ada yang bisa menikmatinya, kecuali orang yang melakukannya. Hampir setiap hari, saya selalu menyempatkan diri untuk menulis apa saja yang rasanya ingin ditulis. Paling tidak, mengasah otak saya untuk terus berpikir, dan mengasah bahasa saya agar semakin lentur dan terstruktur di baca oleh para pembaca.

Awal mengenal dunia tulis menulis adalah ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Ketika itu, saya berhasil menjuarai lomba menulis cerita tingkat kecamatan. Lumayan. Juara Pertama. Ada pialanya pula. Hehe…

Ketika masih SD suka banget baca buku-buku cerita. Dan komik yang paling saya suka adalah Komik Petruk. Maklum, hanya komik itu yang ada di pasar kampung. Itu pun cuman bisa dibeli sekali seminggu. Setiap hari selasa. Kami menamakanya “Hari Pasar”. Di Hari itu, ibu saya berangkat ke pasar untuk membeli kebutuhan seminggu. Saya tidak minta apa-apa, kecuali diberikan komik petruk; sebiji dua biji biasanya. Harganya kalau tidak salah seribu rupiah per komiknya.

Ketika sekolah di Tsanawiyah, saya beberapa kali mengisi tulisan di majalah dindng sekolah. Namun ketika di Aliyah, skill saya yang satu ini tidak berkembang. Karena memang saya tidak mengembangkannya. Namun di sisi lain, saya semakin senang membaca buku. Utamanya, buku-buku agama. Barulah ketika masuk masa kuliah, skill menulis ini masuk ke dunia nyata dan dunia yang lebih luas; dunia kolom dan opini, dunia buku, dan dunia terjemahan buku.

Sampai saat ini, saya masih menulis dan menerjemah. Lanjut terus, Pak Eko! ^_^

_______

Buku-Buku Islam-Populer

_______


Buku pertama yang saya tulis adalah buku “Jin Undercover”, diterbitkan oleh Gazza Media. Kalau membaca lagi naskah itu, saya tertawa. Kok jelek amat. Hihi… Namun, semua yang menjadi awal, memiliki cita rasa yang berbeda. Ada perasaan senang ketika menulisnya, sampai-sampai orangtua saya juga ikut senang.

Dan orang yang paling berhak saya haturkan terimakasih, yang menjadi Guru Menulis saya adalah Ustadz Burhan Shadiq. Beliau Mentor menulis yang luar biasa. Udah hebat, gratis pula. Plus, naskah saya diterbitkannya menjadi buku. Semoga Allah SWT memberikan beliau ganjaran pahala tidak terhingga.

Sampai tulisan saya rilis, sudah ada sejumlah buku yang saya tulis dengan nama D.A. PAKIH SATI. Silahkan Anda googling saja. Cari di Gramedia atau Toko Buku. Inilah beberapa penampakan buku saya.


Beberapa di antaranya juga diterjemahkan ke Bahasa Malaysia, kerjasama antara Penerbit Indonesia dengan Penerbit Malaysia.

Mohon doanya, agar saya bisa terus menulis. Walaupun sebenarnya dunia buku Islam Populer sudah mulai meredup, dimakan dunia Digital.

________

Buku-Buku Terjemahan dari Kitab Berbahasa Arab

________


Udah puluhan kitab berbahasa Arab yang saya terjemahkan, yang sudah saya tekuni semenjak masih duduk di bangku kuliah. Banyak manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan terjemah ini. Mulai dari ilmu yang didapatkan. Sebab, kita dipaksa untuk membaca sebuah kitab secara utuh; kata demi kata, huruf demi huruf. Selanjutnya, kita juga mendapatkan sejumlah fee atau honor dari kerja terjemah tersebut. Untuk ukuran seorang mahasiswa, nilainya lumayan. Bahkan, sangat lumayan sekali.

Sampai sekarang saya masih menerjemah. Banyak kitab-kitab yang harus diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, agar bisa dibaca dan dipelajari oleh masyarakat muslim yang belum paham bahasa Arab. Insya Allah, banyak pahalanya.

Inilah beberapa karya saya yang sudah diterbitkan:


_________________

Opini/ Kolom/ Artikel

________________


Sejak kuliah, saya juga sudah aktif menulis di Media. Tulisan pertama saya itu dimuat di Majalah Hidayatullah, di kolom Santri. Ketika itu, lumayan dapat honor 150 ribu. Hihi…. Sampai sekarang saya terus menulis, yang dimuat di koran Republika, koran Kedaulatan Rakyat, koran Harian Haluan, koran Riau Pos, Kolom Detik.Com, dan lain-lain. Selainnya, juga berbagi di blog ini. Udah puluhan tulisan saya yang dimuat media.

Ini beberapa penampakan karya saya:



***


Mohon doa sahabat sekalian, agar tetap bisa memberikan manfaat dengan jari-jemari yang diberikan oleh Allah SWT, dengan ilmu yang dititipkannya di hati. Ke depannya, saya bercita-cita ingin menulis buku-buku Islam ilmiah, yang serius untuk dipelajari di dunia akademik. Serta juga berhasrat menulis di jurnal-jurnal ilmiah; nasional dan internasional.

Mohon doanya, ya![]

Catatan:
1-Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Tapi Sopan Beretika
2-Kalau Anda Menggunakan Handphone atau Tablet, Silahkan Klik "View Web Version" Untuk Melihat Tampilan Aslinya