Fase Perjuangan

Ritmenya memang begitu. Pada awalnya “Mereka akan masa bodoh dengan kehadiran Anda,” Kata Mahatma Ghandi. “Kemudian mereka akan mulai menghina-merendahkan Anda. Kemudian mereka akan berusaha memerangi Anda, dan pada akhirnya Anda lah pemenangnya.”

Mahatma Ghandi, bernama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi; Seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Gandhi adalah sosok paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai.
 
Fase Perjuangan
Fase Perjuangan
 
Fase dalam pergerakan selalu begitu. Pada awalnya, gerakan yang Anda buat hanya akan dipandang sebelah mata. Dalam pikiran mereka “biarkan saja, nanti mati sendiri.” Di fase ini, butuh konsistensi dalam berjuang. Harus terus bergerak, dan bergerak.

Ketika gerakan yang Anda buat sudah mulai menampakkan hasil, mereka akan mulai merendahkan; mencomooh. Tujuannya jelas; menjatuhkan mental Anda. Jikalau tidak kuat, bubar gerakan Anda.

Jikalau Anda bertahan dan buah gerakan Anda semakin jelas, Anda akan dijadikan sasaran serang. Dihantam ingin dihabisi. Konsisten yang ada selama ini akan menampakkan hasilnya. Jikalau kuat bangunannya, ia akan kokoh. Jikalau tidak, sudah dipastikan roboh.

Gerakan yang kuat, akan terus bertahan sampai ke ujung perjalanan. Disitulah ada kata kunci; Kemenangan. Musuh yang dahulu meremehkan, akan menempatkan Anda di posisi yang sejajar. Duduk di satu bangku mencari solusi bijak, demi kepentingan dirinya dan apa yang Anda perjuangkan.***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.