Sejarah Fikih Islam(i)

 Sejarah Fikih Islam, dalam pembagian al-Hajawy; Muhammad bin al-Hasan al-Tsaaliby al-Fasy, dalam kitabnya al-Fikr al-Samy fi Tarikh al-Fiqh al-Islamy, membagi perkembangannya menjadi beberapa tahapan; al-Thufulah, kemudian al-Syabab, kemudian al-Kuhulah, kemudian al-Syaikhukah. Pembagian ini mendapatkan kritikan dari sejumlah intelektual yang berpandangan tidak layaknya menyifati fikih dengan al-Thufulah. Tidak bisa dipungkiri, pembagiannya ini ada pengaruh dari pembagian perkembangan Peradaban ala Ibn Khaldun.

Kitab ini dianggap sebagai kitab pertama dalam Kajian Sejarah Fikih Islam, diterbitkan pada tahun 1918. Tidak ada satu pun Kitab sebelumnya yang secara khusus (ingat: secara khusus) membahas Tarikh al-Fiqh al-Islamy. Kajian tersebut masih tersebar di kitab-kitab para Ulama; Kitab Biografi; Kitab Fikih, dan lain-lain. Pujian atas usaha hebat ini datang dari Syeikh Thahir bin Asyur, juga dari Syeikh Ibn Badis; dianggap sebagai jalan kebangkitan fikih dari Jami' al-Qarawiyyin.


Di tahun 1920, muncul kitab tema serupa yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Khudry Bek; Tarikh al-Tasyri' al-Islami. Dalam mukaddimahnya, ia menjelaskan bahwa kitabnya adalah kitab pertama yang membahas masalah sejarah Tasyri' (fikih) secara khusus, seakan-akan ia memang belum bersentuhan dengan kitab al-Hajawy yang sudah terbit sebelumnya. 

Dalam kitabnya ini, perkembangan fikih dibagi menjadi 6 tahapan; Tahapan Tasyri' di masa Rasullah; tahapan di masa Sahabat Senior; tahapan di masa Sahabat Yunior dan Tabiin; Tahapan Fikih menjadi ilmu independen dan tersendiri di awal abad kedua sampai akhir abad ketiga; tahapan ketika munculnya banyak masalah-masalah fikih sampai kejatuhan Baghdad; tahapan taklid sampai masa sekarang. 

Kitab ini sendiri, pernah saya terjemah ketika masih kuliah, diterbitkan salah satu penerbit di Bandung. Saya coba baca-baca lagi, ingin rasanya saya revisi terjemahannya yang masih kaku. 

Sampai sekarang, pembagian inilah yang dipakai oleh sebagian besar Ulama dan Intelektual. Semakin kesini, kitab yang mengkaji Sejarah Fikih Islam sudah banyak, dengan mudah bisa didapatkan.***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.