Selalu Berbaiksangka Kepada Allah SWT

Sebesar apapun masalah yang menimpa, tetaplah berbaik sangka kepada Allah Swt. Jangan biarkan terlintas pikiran berburuk sangka kepada-Nya; apalagi sampai mengucapkannya. Na’udzubillahi min Dzalik. 

Yakinlah, setiap musibah yang ditimpakan-Nya adalah kebaikan pada hakikatnya. Mungkin dalam pandangan kita, ia buruk dan menyengsarakan, namun yakinlah semuanya akan berubah menjadi lebih baik. Yakinlah, setelah ini, kita akan mendapati nikmat yang jauh lebih besar, yang akan membuat kita mampu melupakan semua kepedihan. 


Ketika kita berburuk sangka kepada-Nya, bisa jadi Dia akan membenarkan persangkaan kita, sehingga kita sendiri yang akan menderita. Sebaliknya, ketika kita berbaik sangka kepada-Nya, maka kita jugalah yang akan merasakan kenikmatannya, sesuai dengan firman-Nya dalam Hadits Qudsi: 

“Aku sesuai dengan dugaan hamba-Ku terhadap-Ku. Jikalau ia bersangka baik terhadap-Ku, maka itulah untuknya. Dan jikalau ia berburuk sangka kepada-Ku, maka itulah untuknya.” [Diriwayatkan oleh Imam Ahmad] 

Jikalau berburuk sangka kepada-Nya, kehidupan tidak akan aman. Tidak ada yang tahu, kapan nyawa akan diambil. Jangan sampai kehidupan berakhir dalam keadaan berburuk sangka kepada-Nya, karena jalan Neraka tentu akan terbentang di hadapan mata. Inilah yang paling ditakuti setiap muslim. 

Tiga hari sebelum kematiannya, Rasulullah Saw bersabda: 

“Janganlah salah seorang di antara kalian meninggal, kecuali dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah Swt.” [Diriwayatkan oleh Muslim] []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.