Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Masuk ke Dalam Peperangan

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Masuk ke Dalam Peperangan


Bagi Mujahid, ketika masuk ke dalam peperangan, untuk memperhatikan terpenuhinya beberapa hal berikut ini: 


Pertama, Tegar dan Istiqamah ketika maju bertempur. Sebab Allah SWT mengharamkan untuk mundur di hadapan musuh ketika sudah maju, berdasarkan firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur)." (Surat al-Anfal: 15) 


Ini jikalau jumlah orang kafir tidak lebih dari dua kali jumlah kaum muslimin. Jikalau lebih, misalnya seseorang dari kaum Muslimin harus berperang melawan tiga kafir, maka tidak diharamkan baginya untuk mundur. 


Sebagaimana halnya jikalau ada yang mundur dengan tujuan untuk membuat tipuan kepada orang-orang kafir agar bisa menyerang balik mereka, atau mundur agar bisa bergabung dengan pasukan kaum Muslimin, maka tidak dianggap sebagai orang yang mundur dan tidak ada dosa baginya, berdasarkan firman Allah SWT, “kecuali berbelok untuk (sisat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain." (Surat al-Anfal: 16)


Kedua, Mengingat Allah SWT dengan hati dan lisan, berharap mendapatkan kekuatan dari-Nya, dengan mengingat janji baik-Nya dan ancaman-Nya, wala’-Nya dan bantuan-Nya kepada para wali-Nya, sehingga dengan begitu hatinya menjadi teguh dan jiwanya semakin kokoh. 


Ketiga, Taat kepada Allah SWT dan taat kepada Rasul-Nya, dengan tidak menyelisihi keduanya dan tidak melanggar larangan keduanya. 


Keempat, Meninggalkan segala bentuk pertikaian dan perbedaan, agar bisa memasuki peperangan dalam satu barisan, tanpa ada perpecehan dan tanpa ada celah; Hati-hati yang saling terikat dan tubuh-tubuh yang saling merapat, layaknya bangunan kokoh yang sebagiannya menguatkan sebagian lainnya. 


Kelima, Sabar dan al-Mushabarah (terus bersabar), serta mengharapkan kematian ketika memasuki medan tempur, agar musuh berhamburan dan shaf mereka tercerai berai. Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Surat al-Anfal: 45-46) []