Kenapa Anda Meminta Kepada Allah Swt?

Kenapa Anda Meminta Kepada Allah Swt?


Hikmah Keseratus Enam Puluh Delapan

Kenapa Anda Meminta Kepada Allah Swt?

لَا يَكُنْ طَلَبُكَ تَسَبُّبًا إِلَى الْعَطَاءِ مِنْهُ فَيَقِلَّ فَهْمُكَ عَنْهُ, وَلْيَكُنْ طَلَبُكَ لِإِظْهَارِ الْعُبُوْدِيَّةِ وَقِيَامًا بِحُقُوْقِ الرُّبُوْبِيَّةِ

“Jangan sampai permintaanmu engkau jadikan sebab pemberian, sehingga pemahamanmu minim tentang Allah Swt. Jadikanlah permintaanmu untuk menampakkan Ubudiyyah dan menjalankan hak-hak Rububiyyah.”


Ibn Athaillah al-Sakandari

Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari


Ketika Anda meminta kepada Allah Swt, kemudian Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, maka janganlah menyangka bahwa Anda mendapatkannya karena doa Anda kepada-Nya. Seolah-olah, Dia tidak akan memberikan Anda, kecuali jikalau Anda meminta kepada-Nya. Ini adalah pemikiran bodoh dan tolol yang tidak layak dimiliki seorang hamba. 

Jikalaupun Anda tidak meminta kepada-Nya, maka Dia akan tetapkan memberikannya kepada Anda, karena Dia adalah Zat yang Maha Mulia dan Maha Dermawan. Tidak ada yang sulit baginya. Dengan kata-kata “kun”, maka segala keinginan-Nya dan perintah-Nya akan terwujud. 

Anda memang dituntut berdoa kepada-Nya, namun itu bertujuan untuk menunjukkan kefakiran Anda dan kehinaan Anda di hadapan-Nya. Anda adalah seorang hamba yang harus menjalankan hak Ubudiyyah kepada-Nya, dan juga harus menjalankan hak-hak Rububiyyah. 

Renungkanlah itu baik-baik, karena benang merah di antara kedua jenis sikap berdoa tadi sangat tipis sekali.