Sunnah Khatam al-Quran Secara Rutin

Al-Quran, sebagaimana dijelaskan dalam Surat al-Isra': 9, akan menjaga seorang Mukmin dari kesesatan dan penyimpangan: 

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar."


"Penjagaan al-Quran" ini harus dijaga, dengan terus membersamai al-Quran, rutin dan konsisten membacanya, termasuk mengkhatamkannya. 


Dalam Sunnah, kita diminta untuk memiliki wirid tilawah al-Quran yang terukur, yang dengan itu kita bisa memperkirakan kapan akan mengkhatamkan al-Quran; selama berapa hari bisa menyelesaikannya. 


Riwayat Masyhur dalam Sunnah, mengkhatamkan al-Quran itu sekali sebulan. Artinya, satu Juz setiap harinya. Hal ini berdasarkan riwayat al-Bukhari, Rasulullah Saw bersabda kepada Abdullah bin Amr radhiyallahu anhu, 

اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى كُلِّ شَهْرٍ

"Bacalah al-Quran di setiap bulan." 


Dan Alhamdulillah, ada beberapa komunitas yang bisa membantu kita menekuninya. Misalnya One Day One Juz (ODOJ), dan komunitas-komunitas lainnya. 


Dalam riwayat lainnya, ada juga yang menjelaskan khatam itu setiap 20 hari, ada juga yang 10 hari, ada juga yang 7 hari, dan ada juga yang 3 hari, sebagaimana juga ada riwayat yang menjelaskan 40 hari. Dan semuanya adalah riwayat shahih. 


Intinya, disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Usahakan jangan sampai lewat 40 hari. Itu batas paling lama dalam Sunnah. 


Untuk memotivasi diri, jangan lupa dengan pahala untuk setiap huruf yang kita baca. Diriwayatkan oleh al-Turmudzi, dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang membaca satu huruf dari al-Quran, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan, dan kebaikan itu dengan sepuluh kali lipatnya. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf. Tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.