Jangan Meragukan Janji Allah Swt

Hikmah Ketujuh


لَا يُشَكِّكَنَّ فِي الْوَعْدِ وُقُوْعُ الْمَوْعُوْدِ وَإِنْ تَعَيَّنَ زَمَانُهُ لِئَلَّا يَكُوْنَ ذَلِكَ قَدْحًا فِي بَصِيْرَتِكَ وَإِخْمَادًا لِنُوْرِ سَرِيْرَتِكَ

“Jangan sampai tidak terwujudnya suatu janji membuatmu meragui janji Allah Swt; walaupun waktunya telah jelas. Agar hal itu tidak merusak padangan mata hatimu dan memadamkan cahaya jiwamu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandary)

[Kitab al-Hikam Ibn Athaillah al-Sakandary]

***


Jangan sampai Anda meragukan janji Allah Swt, ketika suatu hari Anda merasa bahwa janji-Nya tidak kunjung terwujud. Misalnya, Dia menjanjikan kemenangan orang-orang mukmin dalam setiap peperangan menghadapi kaum kafir dan kaum musyrikin, serta akan berkuasa di muka bumi ini, kemudian Anda mendapati justru sebaliknya; umat Islam selalu menelan kekalahan, melarat dan hidup di jurang kehancuran. Di dalam hati Anda bertanya, dimana janji Allah Swt? Bukankah ini adalah masa pertarungan? Dan sebagainya. 


Ini adalah salah satu misalnya. Bukan Dia tidak menunaikan janji-Nya, namun waktunya belum tepat menurut-Nya; walaupun menurut Anda waktunya sudah tepat. Bisa jadi semua elemen yang dibutuhkan belum disiapkan untuk menghadapi kemenangan umat Islam. Sehingga jikalau diberikan kemenangan sekarang, maka mereka akan hancur dengan mudah. Akhirnya, yang tersisa hanyalah penyesalan belaka. 


Allah Swt lebih mengetahui mana yang terbaik bagi hamba-Nya dan kapan harus diberikan-Nya. 


Jangan memprotes, mengkritik atau berburuk sangka kepada-Nya, karena hal itu justru akan memadamkan pandangan batin Anda, sehingga Anda sulit mendapatkan hidayah dan Marifat-Nya. Ujung-ujungnya, Anda akan hidup dalam kegelapan dan terus larut dalam kemaksiatan. 

Allah Swt berfirman: 

“Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.” [Ali Imran: 9]


Jangan sampai Anda meragui janji-Nya, karena itu adalah bukti kelemahan iman Anda. Jikalai iman Anda lemah, maka ke-Islaman Anda pun dipertanyakan. Jikalau Dia sudah menjanjikan sesuatu, maka percayalah bahwa Dia akan memenuhinya pada waktunya, bukan pada waktu yang Anda inginkan. 


Jikalau Anda mendapatkan taufik-Nya, maka janji-Nya akan ditunaikan sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Maka, janganlah pernah bosan memohon taufik-Nya, agar Anda berhasil mendapatkan apa yang Anda inginkan dan tepat pada waktu yang Anda inginkan. [] 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.