Dibukakan Pintu Mengenal Allah Swt

 Hikmah Kedelapan


إِذَا فَتَحَ لَكَ وِجْهَةً مِنَ التَّعَرُّفِ فَلَا تُبَالِ عَنْهَا وَإِنْ قَلَّ عَمَلُكَ فَإِنَّهُ مَا فَتَحَهَا لَكَ إِلَّا وَهُوَ يُرِيْدُ أَنْ يَتَعَرَّفَ إِلَيْكَ

“Jikalau Allah Swt membukakan bagimu jalan untuk mengenal-Nya, maka janganlah peduli amalanmu; meskipun sedikit. Tidaklah Dia membukakannya bagimu kecuali Dia ingin berkenalan dengan-Mu.”


(Ibn Athaillah al-Sakandary)

[Kitab al-Hikam Ibn Athaillah al-Sakandari]

***


Jikalau Allah Swt membukan bagimu pintu Marifat untuk mengenal-Nya, sehingga Anda bisa melihat sesuatu yang berada di balik kenyataan, maka syukurilah; walaupun Anda sadar bahwa amalan Anda belum seberapa dan belum berhak menerimanya.


Biasanya, ketika seseorang dikaruniakan-Nya Marifat, maka ia bisa menangkap hikmah yang ada di balik sebuah peristiwa dan mengenal rahasia di balik ciptaan-Nya. Ketika melihat air mengalir, angin berhembus, burung berkicau dan binatang berlarian, ia bisa mengenal rahasianya. Kata-katanya penuh wibawa, seolah-olah ada aura yang dipancarkan dari mulutnya, sehingga membuat orang lain tidak mampu membantahnya. 


Banyak beramal bukanlah jaminan bahwa Allah Swt akan membukakan bagi-Nya pintu Marifat. Dalam Ibadah, yang penting adalah kualitas, bukan kuantitas. Bisa jadi, seseorang yang sedikit amalannya, namun lebih tinggai kedudukannya. Sebaliknya, bisa seseorang yang banyak amalan, namun lebih rendah kedudukannya. Nikmat ibadah dan Marifat hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang dipilih-Nya. 


Jikalau Anda sudah diberikan-Nya pintu Marifat, maka syukurilah, karena Dia sudah membukakan pintu hidayah-Nya bagimu untuk mengenal-Nya. Semakin Anda mengenal-Nya, maka Anda akan semakin dekat dengan-Nya. 


Jikalau jarak Anda sudah dekat dengan-Nya, maka lisan Anda adalah lisan yang diberkati-Nya, sehingga kata-kata yang keluar tidak pernah sia-sia, namun penuh dengan hikmah. Begitu juga halnya dengan kaki Anda, tangan Anda, dan anggota badan lainnya. Semuanya akan berjalan di bawah pengawasan-Nya, dan Anda pun akan selalu merasa di awasinya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.