Rendahkanlah Dirimu

Hikmah Kedua Belas


اِدْفَنْ وُجُوْدَكَ فِي أَرْضِ الْخُمُوْلِ فَمَا نَبَتَ مِمَّا لَمْ يُدْفَنْ لَا يَتِمُّ نَتَاجُهُ

“Tanamlah wujudmu di tanah kerendahan. Sesuatu yang tumbuh namun tanpa ditanam, maka hasilnya tidak akan sempurna.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]

***


Wahai hamba Allah Swt, janganlah suka meninggikan diri dan hidup penuh kesombongan. Rendahkanlah dirimu dan Tawadhulah. Jadilah orang biasa, seakan-akan Anda bukanlah siapa-siapa. Jadikanlah dirimu hina di hadapan-Nya, yaitu seseorang yang miskin dan selalu mengharapkan bantuan-Nya. 


Janganlah tertipu dengan banyak amalan yang Anda lakukan. Anggaplah, bahwa apa yang Anda lakukan tidaklah seberapa jikalau dibandingkan dengan karunia-Nya. Sibukkanlah dirimu  dengan ibadah, dan jangan menyibukkannya dengan riya. Jikalau Anda melakukannya, maka amalan Anda akan terbang dan berhamburan sia-sia. 


Janganlah mengharapkan ketenaran sebelum Anda berhak mendapatkannya. Tunggulah masanya. 


Jikalau waktunya sudah tiba, maka Anda akan akan tenar dengan sendirinya di hadapan manusia; walaupun pada waktu itu Anda tidak menginginkannya sama sekali. Lihatlah sekeliling Anda, berapa banyak di antara manusia yang ingin tenar dan dikenal luas di kalangan khalayak, namun ia justru dihinakan-Nya. Ia belum siap menerima ketenaran itu dan berusaha keras mendapatkannya; walaupuan caranya salah, sehinggal hasilnya adalah kehancuran. 


Hiduplah sesuai tuntutan-Nya, maka Anda akan beruntung di dunia dan di akhirat kelak. []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.