Sahabat Sejati

Sahabat Sejati


Hikmah Keseratus Tiga Puluh Tujuh

Sahabat Sejati 

مَا صَحِبَكَ إِلَّا مَنْ صَحِبَكَ وَهُوَ بِعَيْبِكَ عَلِيْمٌ, وَلَيْسَ ذَلِكَ إِلَّا مَوْلَاكَ الْكَرِيْمُ. خَيْرُ مَنْ تَصْحَبُ, مَنْ يَطْلُبُكَ لَا لِشَيْءٍ يَعُوْدُ مِنْكَ إِلَيْهِ

“Tidak ada seorangpun yang bisa disebut sahabatmu, kecuali orang yang menemanimu dan ia mengetahui aibmu. Dan itu tidak ada yang bisa melakukannya, kecuali Penguasamu yang Maha Mulia. Sebaik-baik orang yang engkau temani adalah seseorang yang mengharapkanmu, bukan untuk sesuatu yang akan diperolehnya darimu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Apakah Anda mengetahui siapakah sahabat Anda sebenarnya? Apakah Anda mengira orang-orang yang berada di sekitar Anda adalah para pencinta sejati Anda dan akan selalu bersama Anda? Tidak. Mereka akan meninggalkan Anda, ketika ada sesuatu yang tidak diinginkannya dari Anda. Atau ia mendapati Anda tidak memberikan sesuatu mamfaat kepadanya. 

Ingatlah, sahabat sejati adalah orang yang setia menemani Anda dan ia mengetahui aib Anda. Jikalau seseorang bersahabat dengan Anda; sedangkan ia hanya mengetahui kebaikan Anda, maka ketahuilah bahwa ia suatu hari akan meninggalkan Anda, yaitu ketika aib Anda diketahuinya. Ketika itu, Anda akan menangis menyesali diri, karena begitu terpesona dengan pujiannya. 

Perhatikanlah orang-orang yang loyal di sekitar Anda. Bukankah mereka mencintai Anda karena ada hubungan budi dengan Anda, baik materi maupun spritual. Ada sikap pragmatis di balik hubungan yang mereka jalin dengan Anda. Apalagi mereka hanya mengenal kebaikan Anda. Jikalau suatu hari mereka tidak mendapatkan lagi apa yang diinginkannya, maka mereka akan meninggalkan Anda dan menjauh. 

Hanya ada satu yang tidak akan meninggalkan Anda dan Dia mengetahui semua aib Anda, yaitu Allah Swt. Dia akan selalu mengawasi Anda. Mencurahkan rezki-Nya dan karunia-Nya kepada Anda; sekalipun Anda kufur kepada-Nya. Kasih sayang-Nya tidak akan terputus; walaupun Anda selalu meninggalkan perintah-Nya. 

Itulah sahabat sejati, yang akan membuat Anda merasa senang dan bahagia berada di sisi-Nya dan di hadapan-Nya.