Cahaya Keyakinan

Cahaya Keyakinan


Hikmah Keseratus Tiga Puluh Delapan

Cahaya Keyakinan


لَوْ أَشْرَقَ لَكَ نُوْرَ الْيَقِيْنِ لَرَأَيْتَ الْآخِرَةَ أَقْرَبُ مِنْكَ مِنْ أَنْ تَرْحَلَ إِلَيْهَا وَلَرَأَيْتَ مَحَاسِنَ الدُّنْيَا قَدْ ظَهَرَتْ كِسْفَةُ الْفَنَاءِ عَلَيْهَا

“Jikalau cahaya keyakinan menarangimu, maka engkau akan melihat akhirat lebih dekat kepadamu daripada engkau berjalan menujunya, dan engkau akan melihat keindahan-keindahan dunia telah menunjukkan kepunahannya.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau cahaya keyakinan menyinari Anda mengenai hakikat semua yang ada di dunia ini dan semua yang dikabarkan oleh Allah Swt, maka Anda akan melihat Akhirat berada di hadapan mata Anda. Kematian sudah menanti Anda dengan cengkramannya. Anda tidak akan mampu berjalan menghampirinya, karena ia sendiri sudah terasa di hadapan mata Anda. Pada waktu itu, Anda akan melihat para penghuni surga dengan segala kenikmatannya dan kesenangan yang dirasakannya. Anda juga akan melihat para penghuni neraka dengan segala siksaannya dan kesengsaannya. Semua itu akan memberikan efek jera yang luar biasa kepada Anda, sehingga Anda menjauhi semua larangan-Nya dan menjalankan semua perintah-Nya. 

Ketika Anda menyaksikan dunia dengan segala keindahannya, maka Anda akan mendapatinya di ujung kehancurannya. Harta, jabatan, kumpulan materi dan sebagainya tidak akan mampu menyelamatkan Anda sedikitpun. Anda akan menyaksikan orang-orang yang dulu mencintainya dan tergila-gila mendapatkannya menyesali perbuatannya. Dulu, mereka rela menjadi hambanya, sekarang mereka justru mencelanya dan ingin melepaskannya. Tetapi itu hanyalah harapan kosong, karena pintu pertaubatan sudah tertutup baginya. 

Ingatlah, dunia ini hanyalah sementara. Tidak ada yang abadi. Walaupun Anda memiliki segudang harta, mobil-mobil mewah, jabatan-jabatan mentereng dan sebagainya, namun semua itu tidak akan mampu menyelamatkan Anda sedikitpun di Akhirat kelak. Hanya ibadah dan amal shaleh sajalah yang akan membantu Anda menghadapi azab-Nya

Jikalau Anda mampu menyingkap hakikat kehidupan dunia ini, maka Anda akan mendapatinya penuh kehinaan dan tidak ada harganya sama sekali. Jangan Anda sampai tertipu dan larut di dalamnya. Dunia adalah sarana, maka mamfaatkanlah ia sebaik-baiknya. Jikalau Anda memiliki kelebihan harta, maka sumbangkanlah di jalan-Nya. Jikalau Anda memiliki jabatan tinggi, maka gunakanlah untuk menegakkan kalimat-Nya di muka bumi. Hanya itulah cara terbaik untuk mendapatkan ridho-Nya dan terhindar dari neraka-Nya di Akhirat kelak.