Tanda Wali Allah Swt

Tanda Wali Allah Swt


Hikmah Keseratus Lima Puluh Delapan

Tanda Wali Allah Swt

سُبْحَانَ مَنْ لَمْ يَجْعَلِ الدَّلِيْلَ عَلَى أَوْلِيَائِهِ إِلَّا مِنْ حَيْثُ الدَّلِيْلُ عَلَيْهِ وَلَمْ يُوْصِلْ إِلَيْهِمْ إِلَّا مَنْ أَرَادَ أَنْ يُوَصَّلَهُ إِلَيْهِ

“Maha Suci Allah Swt yang tidak menjadikan tanda wali-waliNya, kecuali dengan tanda diri-Nya. Dan tidak akan sampai kepada meraka, kecuali orang yang diinginkan-Nya untuk sampai kepada-Nya.” 


Ibn Athaillah al-Sakandari

(Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari)


Para wali Allah Swt adalah orang-orang yang memiliki kedudukan khusus di sisi-Nya. Mereka telah mendapatkan cahaya-Nya, mengetahui hikmah dan rahasia yang ada di balik sebuah peristiwa. Jikalau ada yang bertanya kepada Anda, apakah ciri-ciri seorang wali?

Jawablah, bahwa ia tidak memiliki tanda-tanda khusus yang diketahui seluruh manusia. Allah Swt menjadikan diri-Nya sebagai tanda bagi para wali-Nya. Artinya, jikalau Anda mengenal-Nya, maka Anda akan mengenal wali-Nya. 

Sangat tepat jikalau ada seorang ulama yang mengatakan: 

“Jikalau Anda melihat seseorang, kemudian Anda lansung mengingat Allah Swt, maka ketahuilah bahwa ia adalah wali-Nya.” 

Tidak semua orang bisa menemui wali-Nya, karena sulit menemukannya di tengah keramaian. Ia berpenampilan layaknya manusia biasa. Hanya orang-orang yang telah ditentukan Allah Swt yang bisa menemui-Nya, agar bisa memohon doanya demi kebaikannya di dunia dan di akhirat. Ia akan selalu menunjuki manusia menuju kebenaran. Belajarlah kepadanya, agar Anda sampai kepada-Nya.