Antara Rahasia Malakut dan Rahasia Hamba

Antara Rahasia Malakut dan Rahasia Hamba


Hikmah Keseratus Lima Puluh Sembilan

Antara Rahasia Malakut dan Rahasia Hamba

رُبَمَا أَطْلَعَكَ عَلَى غَيْبِ مَلَكُوْتِهِ وَحَجَبَ عَنْكَ الْاِسْتِشْرَافَ عَلَى أَسْرَارِ الْعِبَادِ

“Bisa jadi Allah Swt memperlihatkan kepadamu keghaiban malakut-Nya, akan tetapi menghijabmu untuk mengetahui rahasia-rahasia para hamba-Nya.” 


Ibn Athaillah al-Sakandari

(Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari)


Mungkin Anda mampu mengetahui rahasia-rahasia yang ada di alam semesta ini; padahal ia jauh dari Anda, namun Anda tidak mampu mengetahui rahasia-rahasia yang ada di dalam diri seorang hamba; padahal ia dekat dari Anda. Ini adalah ketetapan Allah Swt yang pasti ada hikmahnya. Hanya saja kadang-kadang Anda mampu mengetahuinya, dan kadang-kadang Anda lemah memikirkannya. 

Cobalah Anda fikirkan sejenak. Anda mampu mengetahui keghaiban malakut-Nya, namun tidak mampu mengetahui rahasia para hamba-Nya. Ada ada sebenarnya? 

Jenis yang pertama begitu jauh dari Anda, bahkan Anda tidak mampu menjangkaunya sama sekali dengan tangan Anda. Sedangkan jenis kedua begitu dekat dari Anda, bahkan ia berada di hadapan Anda. Anda bisa menyentuhnya, menyalaminya, bahkan memukulnya. Hanya saja, Anda tidak mampu menyelami apa yang ada di dalam jiwanya. 

Walaupun begitu, Anda harus tetap tulus dan ikhlas dalam menjalankan ibadah kepada-Nya. Berusaha terus dengan penuh kesungguhan untuk mendapatkan cahaya-Nya. Hanya dengan itu Anda akan mampu menyibak rahasia di balik sebuah benda atau peristiwa.