Kuasa Allah Swt Dalam Kebaikan dan Keburukan

Kuasa Allah Swt Dalam Kebaikan dan Keburukan


Hikmah Keseratus Dua Puluh Enam

لَا نِهَايَةَ لِمَذَامِّكَ إِنْ أَرْجَعَكَ إِلَيْكَ, وَلَا تَفْرُغُ مَدَائِحُكَ إِنْ أَظْهَرَ جُوْدَهُ عَلَيْكَ

“Tidak  terhingga celaan bagimu jikalau Allah Swt mengembalikanmu pada dirimu. Dan tidak akan kosong pujian bagimu jikalau Dia menampakkan kemuliaan-Nya kepadamu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau semua celaan ditujukan kepada Anda, maka tidak akan ada habisnya. Anda berasal dari tanah dan air mani yang hina-dina, kemudian Anda dikembalikan lagi menjadi tanah. Cobalah Anda perhatikan isi perut Anda, adakah kebaikan di dalamnya dan apakah isinya? Semuanya hanyalah kotoran. Jikalau Anda mau menghitungnya satu persatu, maka Anda tidak akan mampu melakukannya sampai kematian menghampiri Anda. Jadi, janganlah pernah membanggakan apapun yang Anda lakukan dan apapun yang Anda miliki. Prinsipnya, Anda hanyalah hamba yang hina dan kecil di hadapan-Nya. 

Kemudian cobalah Anda perhatikan lagi, bagaimana Dia memuliakan Anda; padahal Anda memiliki jutaan cela dan hina. Dia menjadikan Anda sebagai khalifah-Nya di muka bumi dan mengurus alam semesta yang memberikan berbagai kenikmatan kepada Anda. Semua itu menunjukkan kepada Anda, bahwa hanya Dialah yang Maha Kuasa dan layak menyombongkan diri. Anda tidak memiliki hak sama sekali.