Allah Swt Memperlihatkan Karunia-Nya

Allah Swt Memperlihatkan Karunia-Nya


Hikmah Keseratus Dua Puluh Lima

إِذَا أَرَادَ أَنْ يُظْهِرَ فَضْلَهُ عَلَيْكَ, خَلَقَ فَنَسَبَ إِلَيْكَ

“Jikalau Allah Swt ingin memperlihatlan karunia-Nya kepadamu, maka Dia akan menciptakan (amalan), kemudian menyematkannya kepadamu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Janganlah Anda pernah membanggakan amalan-amalan yang Anda kerjakan; apalagi merasa paling bertakwa dan paling selamat. Sebesar apapun amalan yang Anda lakukan, maka itu tidak akan mampu menyelamatkan Anda dari azab-Nya dan mengantarkan Anda menuju surga-Nya. Hanya rahmat-Nya semata-mata yang mampu menyelamatkan Anda. Bagi-Nya, semua itu tidak sebanding dengan selembar sayap nyamuk. 

Ketaatan yang Anda rasakan pada saat sekarang ini adalah nikmat-Nya yang paling besar dan berharga buat Anda. Jikalau Dia tidak menginginkan Anda taat, maka Andapun sama sekali tidak akan tergerak menjalankannya. 

Oleh karena itu, syukurilah anugerah ini, yaitu ketika Dia memberikan Anda taufik buat beribadah, dan menyematkan Anda sebagai bagian dari hamba-hambaNya yang mau menyerahkan diri kepada-Nya. 

Janganlah Anda meremehkan orang lain yang berada di sekitar Anda, yang belum mau atau belum sempat menjalankan ketaatan. Serulah mereka terus-menerus, dan jangan menghakimi. Kuncinya hanya satu, jikalau Dia menginginkannya taat menjalankan perintah-Nya, maka ia akan sendirinya akan berubah dan menjadi hamba-Nya yang shaleh.