Kandungan Zaman Azali

Kandungan Zaman Azali


Hikmah Keseratus Tujuh Puluh Satu

Kandungan Zaman Azali

عِنَايَتُهُ فِيْكَ لَا لِشَيْءٍ مِنْكَ. وَأَيْنَ كُنْتَ حِيْنَ وَاجَهَتْكَ عِنَايَتُهُ وَقَابَلَتْكَ رِعَايَتُهُ. لَمْ يَكُنْ فِي أَزَلِهِ إِخْلَاصُ أَعْمَالٍ وَلَا وُجُوْدُ أَحْوَالٍ, بَلْ لَمْ يَكُنْ هُنَاكَ إِلَّا مَحْضُ الْإِفْضَالِ وَعَظِيْمُ النَّوَالِ

“Pertolongan Allah Swt kepadamu bukanlah karena sesuatu yang berasal dari dirimu. Dimana engkau ketika pertolongan-Nya menghampirimu dan penjagaan-Nya dan menemuimu. Ketika zaman azali belum ada yang  namanya ikhlas beramal dan keadaan spritual, bahkan tidak ada sesuatupun pada masa itu kecuali hanya karunia dan pemberian yang besar.” 


Ibn Athaillah al-Sakandari 

Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari 


Pertolongan yang diberikan oleh Allah Swt kepada Anda, bukanlah karena sesuatu yang Anda persembahkan kepada-Nya. Jikalau Dia memberikan Anda rezki di tengah kesulitan Anda, atau dalam menjalani kehidupan sehari-hari, maka ketahuilah bahwa itu adalah bentuk karunia-Nya dan rezki-Nya kepada Anda. Jangan menyangka, bahwa usaha Andalah yang menyebabkan-Nya melakukan itu. 

Jikalau Anda berpendapat seperti itu selama ini, maka segeralah sadar dan insaf. Kemana saja pemikiran Anda selama ini, yaitu ketika Dia memberikan berbagai bantuan-Nya kepada Anda, mulai dari makanan yang menghindarkan Anda dari rasa lapar, minuman yang membebaskan Anda dari rasa haus, pakaian yang melindungi Anda dari rasa dingin, dan sebagainya. Kemudian kemanakah fikiran Anda ketika Dia memberikan penjagaan-Nya kepada Anda. Ketika, misalnya, Anda berada di jurang kematian, maka Dia menyelamatkan Anda dengan kekuasaan-Nya. Ingatlah semua itu, dan fikirkanlah baik-baik

Pada zaman azali dulu, tidak ada yang namanya ikhlas beramal dan keadaan-keadaan spritual, karena Anda dan seluruh manusia ini belum Ada, begitu juga halnya dengan ketetapan hukum. Pada waktu itu, yang ada hanyalah karunia-Nya dan kedermawanan-Nya. 

Sudahlah, janganlah mengkhayal lagi. Jangan pernah menyangka, bahwa permintaan Andalah yang menyebabkannya memberikan apa yang Anda inginkan. Tidak, sama sekali tidak. Semua yang Anda terima pada saat sekarang ini adalah karunia-Nya semata dan sudah ditentukan-Nya semenjak zaman azali.