Meragukan Allah SWT & Meyakini Setan

Meragukan Allah SWT & Meyakini Setan


قرأتُ في تسعين موضعاً من القرآن أن الله قدر الأرزاق وضمنها لخلقه، وقرأت في موضع واحد: {الشيطان يعِدُكم الفقر ويأْمُرُكُم بِالفحشاء}، فشككنا في قول الصادق في تسعين موضعاً! وصدقنا الكاذب في موضع واحد!

Aku membaca di 90 tempat di dalam al-Quran bahwa Allah SWT menakdirkan rezeki dan menjaminkan bagi makhluk-Nya. Dan aku hanya membaca di satu tempat "Setan menakut-nakuti dengan kefakiran dan memerintahkan kekejian", kemudian kita ragu dengan firman Zat yang Maha Besar di 90 tempat dan membenarkan Sang Pendusta (yang hanya ada) di satu tempat

Hasan al-Bashri
Dalam Kitab Qam' al-Hirsh bi al-Zuhd wa al-Qana'ah karya al-Qurthubi: 60
***

Kadangkala, Iman kita lebih tipis dari tisu yang paling tipis sekali pun. Kita seringkali mengucapkan di lisan kita, dan meyakini di dalam hati kita bahwa Allah SWT itu al-Raziq dan al-Razzaq; Zat yang Maha Memberikan Rezeki. Tapi nyatanya, perbuatan kita, sikap kita meragui apa yang kita ucapkan. Bahkan, mungkin menyelisihinya. 

Kita mengatakan dengan lisan kita, dan meyakini di dalam hati kita, bahwa setan itu musuh yang nyata; selalu mengajak kepada kebatilan; ke jalan-jalan yang mengarahkan ke Neraka. Tetapi nyatanya, perbuatan kita dan sikap kita mengingkari apa yang kita ucapkan dan apa yang kita yakini. 

Ya, Allah, kuatlah iman kami; mudahkan rezeki kami; jauhkan kami dari tipu daya setan. []