Merasakan Manisnya Iman

Merasakan Manisnya Iman


لا يذوق العبد حلاوة اﻹيمان حتى يأتيه البلاء من كل مكان 
Seorang Hamba Tidak Merasakan Manisnya Iman, Sampai Ujian Mendatanginya dari Segala Penjuru

Sufyan al-Tsauri
Kitab Tarikh Baghdad: 7/ 545
***

Iman merupakan gabungan dari 3 hal; terhunjam di dalam dada, terucap di lisan, dan teramal di anggota badan. Dan tidak bisa disebut keimanan yang hakiki, sampai ketiga hal ini menyatu dalam diri seseorang. 

Salah satu kenikmatan dari Iman ini adalah rasa manisnya. Rasa itulah yang membuat Bilal bin Rabah mampu bertahan ketika diletakkan batu besar di dadanya oleh Umayyah bin al-Khalaf; yang membuat Asiyah binti Muzahim mampu bertahan ketika diikat kedua pancang di kedua tangannya dan di kedua kakinya, kemudian ditarik sekuat-kuatnya atas titah Firaun suaminya sendiri. 

Dan rasa manis itu tidak bisa didapatkan begitu mudahnya. Diuji dulu dengan berbagai ujian, sampai kepada puncaknya, Allah SWT kembalikan semua kenikmatan. Lihatlah Nabi Ayyub dengan penyakit di badannya dan kehilangan hartanya. Lihatlah Nabi Yusuf dengan perjalanan hidupnya sampai menjadi pemimpin Mesir. Lihatlah Nabi kita Muhammad Saw dengan dakwahnya di Makkah dengan segala ujiannya dan mendapatkan penerimaan dan kemenangan di Madinah. 

Rasa manis itu setelah beratnya ujian. Semoga Allah SWT memberikan kita kenikmatan iman dan kekuatan memikul ujiannya. []