Sunnah Berbagi Hadiah

 Memberi Hadiah kepada orang lain, siapa pun itu, adalah salah satu sunnah Nabi Saw. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dijelaskan, Rasulullah Saw bersabda: 

تَهَادُوا تَحَابُّوا

"Saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai." 


Ada kebahagiaan tersendiri yang akan dirasakan ketika seseorang mendapatkan hadiah dari orang lain. Walaupun mungkin yang diberikan itu hanya sesuatu yang sederhana. Disitulah bentuk perhatiannya. Rasa cinta dan kasih sayang di antara sesama akan semakin tumbuh merekah. 


Makanya, Nabi Muhammad Saw menerima hadiah sederhana sekalipun. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Anas bin Malik radhiyallahu anhu bercerita bahwa Barirah menghadiahkan daging kepada Nabi Saw.


Daging tersebut pada awalnya adalah sedekah yang diberikan kepada Barirah. Beliau pun menerimanya dan berkata: 

 هُوَ لَهَا صَدَقَةٌ وَلَنَا هَدِيَّةٌ 

"Baginya sedekah, bagi kita hadiah." 


Hadiah tipis-tipis minimalis, sudah masuk ke dalam kesunnahan ini. Disesuaikan dengan kemampuan. Semakin besar, tentunya semakin baik. 


Menghadiahkan buku atau pakaian atau makanan atau pulpen, dan lain sebagainya, mungkin beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi. Bisa dihadiahkan kepada siapa saja; Orangtua, Suami atau Istri, Teman, Kerabat. []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.