Akhirat: Negeri Pembalasan

 Hikmah Ketujuh Puluh Dua


إِنَّمَا جَعَلَ الدَّارَ الْآخِرَةَ مَحَلًّا لِجَزَاءِ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِأَنَّ هَذِهِ الدَّارَ لَا تَسَعُ مَا يُرِيْدُ أَنْ يُعْطِيَهُمْ, وَلِأَنَّهُ أَجَلَّ أَقْدَارَهُمْ عَنْ أَنْ يُجَازِيَهَمُ فِي دَارٍ لَا بَقَاءَ لَهَا

“Allah Swt menciptakan negeri Akhirat sebagai tempat pembalasan bagi para hamba-Nya yang beriman, karena negeri ini tidak mampu menampung apa yang ingin Dia berikan kepada mereka. Karena Dia juga ingin memuliakan mereka, yaitu dengan tidak memberikan balasan kepada mereka di negeri yang tidak abadi.”


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]

 

Allah Swt akan membalas semua amalan para hamba-Nya yang mukmin dan menjalankan semua perintah-Nya di akhirat kelak. Disana, mereka akan merasakan segala jenis kenikmatan. Rumah yang luas dan indah, makanan yang enak dan minuman yang menyegarkan. Siapapun yang merasakannya, maka tidak akan pernah merasa lapar atau haus selama-lamanya. Tidak ada aturan dan ikatan yang mengikatnya lagi. Mereka bebas melakukan apapun yang dilarang selama di dunia. Surga adalah sarang kebaikan. 


Dia sengaja membalas mereka di Akhirat, karena dunia ini tidak mampu menampung nikmat-nikmat yang akan Dia berikan kepada hamba-Nya. Jikalau Anda ingin menghitung, maka Anda tidak akan mampu menghitung dan mendetail nikmat yang ingin diberikan-Nya kepada para hamba-Nya. Ibarat tabungan, maka pahala itu adalah uang yang akan Anda tunai hasilnya di Akhirat kelak. 


Dunia ini hanyalah negeri fana. Tidak ada yang abadi di dunia ini. Jikalau Dia membalas mereka di dunia ini, tentu nikmat yang diberikan-Nya tidak akan abadi. Ia akan hancur bersama hancurnya seluruh materi pada Hari Kiamat kelak. 


Oleh karena itu, Dia menundanya sampai hari Akhirat kelak. Pada saat itu, yang ada hanyalah kehidupan abadi. Jikalau Anda menginginkan khamar, maka Anda akan mendapatkannya. Hanya saja antara khamar dunia dengan khamar surga, ada perbedaan rasa yang sangat luar biasa. Khamar dunia membuat Anda mabuk, sedangkan khamar surga membuat Anda ketagihan dan merasakan kenikmatan luar biasa. 


Dunia adalah ladang amal, dan Akhirat adalah ladang pembalasan.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.