Bersahabatlah dengan Orang yang Lebih Baik

Hikmah Keempat Puluh Lima


لَا تَصْحَبُ مَنْ لَا يَنْهَضُكَ حَالُهُ وَلَا يَدُلُّكَ عَلَى اللهِ مَقَالُهُ

“Janganlah bersahabat dengan orang yang kondisinya tidak membangkitkan semangatmu, dan perkataannya tidak mengantarkanmu menuju Allah Swt.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]

 

Jangan Anda bersahabat karib dengan orang-orang yang sama sekali tidak bisa membangkitkan semangat ibadahmu kepada Allah Swt. Seorang teman akan berpengaruh besar kepada temannya. Seseorang yang berteman dengan penjual minyak wangi, maka paling tidak ia akan mendapatkan bau wanginya. Seseorang yang berteman dengan tukang besi, maka paling tidak ia akan kena percikan apinya dan bau asapnya. 


Dan jangan juga terlalu dekat dengan orang-orang yang perkataannya sama sekali tidak mengantarkanmu mengenal-Nya. Berapa banyak manusia di dunia ini yang hampir seluruh perkataannya, hanyalah berisi candaan dan gurauan belaka. Tidak ada mamfaat atau ilmu yang bisa didapatkan dari kata-katanya. Setiap saat yang dibicarakannya hanyalah uang, materi, wanita dan sebagainya. 


Janganlah terlalu dekat dengan kedua kelompok ini, karena mereka hanya akan menggiring Anda menjauhi-Nya. Seseorang yang perkataannya tidak menuntun Anda untuk mengingat-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya, maka itu hanyalah kesia-siaan belaka. Anda akan menyesal di akhirat kelak, yaitu ketika amal kebaikan dihamparkan di hadapan Anda. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.