Ibadah Kontan & Balasan Ditangguhkan

Hikmah Kesembilan Puluh


جَلَّ رَبُّنَا أَنْ يُعَامِلَهُ الْعَبْدُ نَقْدًا فَيُجَازِيْهِ نَسِيْئَةً

“Maha Agung Tuhan kami, ketika seorang hamba beribadah kepada-Nya secara kontan, maka Dia membalasnya dengan cara ditangguhkan.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Ketika Anda mengenal ibadah dan amal-amal shaleh untuk mendapatkan keridhoan Allah Swt, seperti shalat, puasa, zakat, haji dan sebagainya, maka Dia akan membalas Anda di Akhirat kelak dengan kenikmatan yang belum pernah disaksikan oleh siapapun dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Keindahannya sungguh luar biasa, tidak ada seorangpun yang tidak menginginkannya. 


Bahkan, Dia sudah memberikan sebahagian balasannya ketika Anda masih berada di dunia ini. Dia memberikan Anda cahaya-Nya, sehingga Anda bisa melihat kebaikan dan rahasia-rahasia yang ada di balik sesuatu. Dia memberikan Anda ketenangan jiwa, sehingga Anda bisa menikmati kehidupan dunia ini; walaupun, misalnya, Anda kekurangan materi. Dia memenuhi kebutuhan Anda, sehingga Anda tidak pernah gelisah dan risau memikirkan apa yang akan Anda makan pada hari ini. 


Cahaya keimanan itu akan memancar jelas di wajah Anda, sehingga orang yang bertemu dengan Anda akan mengenal Anda. Orang-orang akan memuji kebaikan Anda dan meninggikan kedudukan Anda, sehingga Anda berwibawa dan dihormati. 


Itu adalah nikmat-Nya di dunia, dan di Akhirat lebih besar lagi.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.