Mengetahui Posisi di Hadapan Allah Swt

Hikmah Ketujuh Puluh Empat


إِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَعْرِفَ قَدْرَكَ عِنْدَهُ فَانْظُرْ فِيْمَاذَا يُقِيْمُكَ

“Jikalau engkau ingin mengetahui kedudukanmu di sisi Allah Swt, maka lihatlah bagaimana Dia menempatkanmu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau Anda ingin mengatahui kedudukan Anda di hadapan Allah Swt, maka lihatlah bagaimana Dia memposisikan Anda dalam kehidupan sehari-hari di dunia ini. Jikalau Dia menempatkan Anda dalam posisi ketaatan kepada-Nya, taat menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, selalu rindu beribadah kepada-Nya, berkhalwat bersama-Nya dan bermunajat menghadapkan wajah kepada-Nya, berarti Anda telah mendapatkan kedudukan yang tinggi dan mulia di hadapan-Nya. Bersyukurlah dan tingkatkan terus keadaan Anda. 


Jikalau Anda ditempatkan-Nya dalam posisi suka bermaksiat, selalu melanggar perintah-Nya dan mengerjakan larangan-Nya, hati selalu kasar dan tidak ada rasa rindu beribadah kepada-Nya, berarti Anda mengalami posisi yang buruk di hadapan-Nya. Itu adalah kesengsaraan yang harus segera Anda sikat habis. Bertobatlah kepada-Nya, dan tinggalkanlah segala kemaksiatan yang Anda lakukan. 


Apapun posisi yang Anda jalani, jangan pernah berputus asa. Janganlah merubah penampilan Anda. Jikalau Anda terbiasa dengan pakaian-pakaian lahir keshalehan, maka pertahankanlah. Hanya saja, keimanan Anda harus terus ditingkatkan, sehingga Anda bisa ditempatkan-Nya di posisi tertinggi dan terpuji.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.