Resep Meringankan Pedihnya Musibah

Hikmah Keseratus Enam


لِيُخَفِّفْ أَلَمُ الْبَلَاءِ عَلَيْكَ عِلْمُكَ بِأَنَّهُ سُبْحَانَهُ هُوَ الْمُبْلِي لَكَ. فَالَّذِي وَاجَهَتْكَ مِنْهُ الْأَقْدَارُ هُوَ الَّذِي عَوَّدَكَ حُسْنَ الْاِخْتيَارِ

“Agar bisa meringankan derita musibah yang menimpamu, maka hendaklah engkau mengetahui bahwa Allah Swt adalah Zat yang mengujimu. Zat yang mengarahkanmu menghadapi berbagai takdir adalah Zat yang membiasakanmu untuk selalu mengambil pilihan terbaik.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau Anda sering tertimpa musibah, atau sedang menghadapi bencana, maka ada satu resep yang bisa Anda mamfaatkan untuk meringankan kepedihan Anda, yaitu mengetahui bahwa Allah Swt lah yang telah menguji Anda. Dia adalah Tuhan yang Maha Bijaksasa. 


Setiap ketetapan-Nya pasti mengandung hikmah dan maslahat bagi para hamba-Nya. tidak ada satupun ketetapannya yang bertujuan menyiksa dan merugikan mereka. 


Sebagai hamba, hak Anda hanyalah menerima ketentuan Penguasanya. Yakinlah, bahwa semua yang ditakdirkan-Nya adalah kebaikan. 


Sebenarnya, itulah yang membedakan antara seseorang yang menghambakan dirinya kepada Zat yang Maha Kuasa dengan seseorang yang menghambakan dirinya kepada makhluk yang Maha Lemah. Jikalau yang pertama selalu berbuat untuk kebaikan hamba-Nya; sedangkan yang kedua bertindak berdasarkan hawa nafsunya belaka, sehingga tidak ada hikmah di balik tindakannya. 


Ketahuilah, bahwa Zat yang menetapkanmu untuk menghadapi berbagai ketentuan-Nya adalah Zat yang menuntunmu untuk selalu mengambil pilihan terbaik. 


Bukanlah Dia sudah mengajarkan Anda untuk menghadapi segala keburukan dengan kesabaran?!


Yah, bersabarlah, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dan balasan yang lebih baik. Siapa tahu, di balik musibah itu ada nikmat yang tidak terkira banyaknya dan tidak terbayangkan indahnya.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.