Sunnah Menyatakan Ridha atas Allah SWT, Islam, dan Rasul-Nya

Sunnah Menyatakan Ridha atas Allah SWT, Islam, dan Rasul-Nya


Man Rabbuka; Siapa Tuhanmu?
Ma Dinuka; Apa Agamamu?
Wa Man Nabiyyuka; Siapa Nabimu?
Itulah tiga pertanyaan akan dipertanyakan kepada kita kelak di Alam Barzakh; Alam kubur. Hal ini dijelaskan dalam riwayat Abu Daud, dari al-Barra' bin 'Azib radhiyallahu anhu, yaitu ketika Rasulullah Saw  berbicara mengenai dua malaikat yang akan bertanya di dalam kubur. 
Tidak ada seorang pun di antara ketika, kecuali akan melalui fase ini. Kelihatannya mudah. Padahal berat. Walaupun kita hafalkan jawabannya di dunia, namun hafalan tersebut tidak akan berguna pada akhirnya. 
Kemudahan itu hanya akan diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang diinginkan-Nya, yaitu orang-orang yang selama hidupnya di dunia menyibukkan diri dengan ketiga hal tersebut. 
Nabi Saw mengajarkan kita suatu zikir yang bisa kita baca setiap pagi dan sore, yang akan mengingatkan kita akan tiga pertanyaan di atas nantinya di Alam Barzakh. 
Diriwayatkan oleh al-Thabrani, Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang membaca ketika pagi: 
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وِبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا
'Aku ridha Allah SWT sebagai Rabb, Islam sebagai Agama, dan Muhammad sebagai Nabi'
Maka, aku akan menjadi penjaminnya. Aku akan menuntun tangannya sampai aku memasukkannya ke dalam surga." 
Dalam riwayat al-Turmudzi dijelaskan, siapa yang membaca zikir di atas ketika sore, maka ia berhak mendapatkan keridhaan Allah SWT. 
Maka, semoga Allah SWT mudahkan lisan kita mengucapkannya di dunia, kemudian Allah SWT mudahkan kita memahaminya dan mengamalkannya, sehingga dimudahkan nantinya di Alam Barzakh menjawab 3 pertanyaan di atas. []