Teka-Teki Ketetapan Allah Swt

 Hikmah Kesembilan Puluh Enam


رُبَمَا فَتَحَ لَكَ بَابَ الطَّاعَةِ وَمَا فَتَحَ لَكَ بَابَ الْقَبُوْلِ, وَرُبَمَا قَضَى عَلَيْكَ بِالذَّنْبِ فَكَانَ سَبَبًا لِلْوُصُوْلِ

“Barangkali Allah Swt membukakan bagimu pintu ketaatan, akan tetapi Dia tidak membukakan bagimu pintu penerimaan. Barangkali Dia menetapkanmu berbuat dosa, akan tetapi itu adalah sebab yang mengantarkanmu kepada-Nya.”


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Ketika Anda mampu dan mendapatkan kesempatan melakukan ketaatan, maka janganlah Anda membanggakannya. Janganlah Anda merasa aman dari azab-Nya. Apakah Anda yakin, bahwa semua amalan yang Anda kerjakan akan diterima-Nya?! Apa jaminannya, bahwa Anda akan mendapatkan surga-Nya dan selamat dari neraka-Nya?! Tidak ada, sekali lagi tidak ada. Kesempatan yang diberikan-Nya kepada Anda untuk mengerjakan ketaatan adalah nikmat, tetapi jangan sombong dan membanggakannya. Ia adalah kebaikan, dan jangan menjadikannya sebagai jalan menuju maksiat. Ikhlaslah dalam beribadah kepada-Nya. setidaknya Anda sudah memiliki nilai kebaikan ketika menjalankan perintah-Nya. 


Dan barangkali Dia menetapkan Anda untuk bermaksiat, namun itu adalah jalan Anda menuju ke hadirat-Nya. Coba saksikan di lingkungan sekitar Anda, berapa banyak orang-orang yang dahulunya tukang maksiat, sekarang malah lebih taat dan shaleh, serta tidak mau melakukan perbuatan maksiat lagi! Ia menyesali semua perbiuatan jahat yang pernah dilakukannya di masa lalu. Itulah yang membuatnya tersungkur di hadapan-Nya dan menangisi kehinaannya. 


Maksiat yang dilakukannya berbuah hidayah, dan bisa jadi itulah yang akan mengantarkannya menuju kematian dalam keadaan Husnul Khatimah. Dan berapa banyak orang-orang yang menjalani hidupnya dalam ketaatan semenjak kecilnya, namun ketika maut hampir menghampiri, ia berubah total, sehingga perpisahannya dengan dunia ini dilaluinya dengan Suul Khatimah. 


Kita berlindung kepada Allah Swt segala keburukan. Mudah-mudahan kita dianugerahkannya kebaikan di dalam setiap ketetapan-Nya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.