Sunnah Doa Setelah Makan

Sunnah Doa Setelah Makan


Salah satu nikmat besar yang Allah SWT berikan kepada para hambanya adalah makanan. Berapa banyak orang yang berharap sesuap nasi, yang kita (mungkin) setiap harinya bisa mendapatkannya dengan mudah. Berapa banyak orang yang harus berangkat pagi, pulang malam, demi mendapatkan setakar beras.  

Allah SWT menegaskan nikmat besar ini kepada kaum Musyrikin Quraisy yang enggan menyembah-Nya, yang juga seharusnya menjadi pelajaran besar buat kita semuanya. 

Dalam surat Quraisy, ayat 1-4 dijelaskan: 
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ
Karena kebiasaan orang-orang Quraisy.
إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ
Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

Ada dua nikmat yang Allah SWT tegaskan; Nikmat Makan yang membebaskan dari rasa lapar, dan Nikmat Aman yang membebaskan dari rasa takut. 

Nikmat besar ini wajib kita syukuri. Dan Rasulullah Saw menjelaskan sunnahnya terkait hal ini. Diriwayatkan oleh al-Turmudzi, dari Muadz bin Anas radhiyallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda: 
"Siapa yang makan makanan, kemudian membaca: 
الحمدُ للهِ الذي أطعَمَني هذا الطَّعامَ ورَزَقَنيه من غيرِ حولٍ مِنِّي ولا قوةٍ
Segala puji bagi Allah SWT yang memberikanku makanan ini dan mengkaruniakannya kepadaku tanpa kuasa dariku dan tanpa kekuatan.'
Maka, Allah SWT ampunkan dosanya terdahulu."

Allah SWT memberikan nikmat makanan ini kepada kita. Kemudian, ketika kita mensyukurinya dengan membaca doa di atas, maka Allah SWT tambahkan nikmat lainnya, yaitu diampunkan dosa-dosa terdahulu. Nikmat di atas nikmat. Semoga kita dimudahkan oleh Allah SWT untuk menjalaninya dan menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Aamiin ya Rabb. []