Sunnah Shalat Dhuha

Sunnah Shalat Dhuha


Diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Dzar radhiyallahu anhu, dari Nabi Muhammad Saw bersabda: 

يُصْبِحُ علَى كُلِّ سُلَامَى مِن أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بالمَعروفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ المُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِن ذلكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُما مِنَ الضُّحَى

“Di pagi hari, setiap sendi salah seorang di antara kalian ada sedekahnya. Setiap Tasbih adalah sedekah. Setiap Tahmid adalah sedekah. Setiap Tahlil adalah sedekah. Setiap Takbir adalah sedekah. Amar Ma’ruf adalah sedekah. Nahi Mungkar adalah sedekah. Dan itu cukup (untuk semuanya) dengan dua rakaat yang dikerjakan di waktu Dhuha.”

Pada dasarnya, nikmat yang Allah SWT karuniakan kepada kita, jumlahnya sangat banyak; tidak terhitung. Dalam al-Quran dijelaskan: 

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 

(Surat al-Nahl: 18)

Jikalau kita memperhatikan riwayat Muslim di atas, maka kita mendapati bahwa ketika kita berada di pagi hari; bangun dari tidur, setiap sendi tubuh kita ini ada kewajiban sedekahnya. Dalam riwayat lainnya dijelaskan, jumlahnya ada 360 sendi. Bisa dengan Tasbih, atau Tahmid, atau Tahlil, atau Takbir, atau Amar Makruf, atau Nahi Mungkar. 

Dan, Rasulullah Saw memberikan kepada kita jalan yang ringan untuk “menutupi” semua sedekah di atas dengan dua rakaat Dhuha. Dan itu juga salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT. 

Saking pentingnya, dalam beberapa riwayat, Rasulullah Saw menasehati para sahabatnya untuk menjaganya. Dari Abu al-Darda’ radhiyallahu anhu, sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim: 

أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ بثَلَاثٍ، لَنْ أَدَعَهُنَّ ما عِشْتُ: بصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِن كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلَاةِ الضُّحَى، وَبِأَنْ لا أَنَامَ حتَّى أُوتِرَ

“Kekasihku Rasulullah Saw menasehatiku dengan tiga perkara. Aku tidak akan meninggalkan ketiganya selama aku masih hidup: Berpuasa selama tiga hari di setiap bulannya; Shalat Dhuha; dan tidak tidur sampai saya mengerjakan shalat witir.” 

Dalam riwayat Muslim lainnya, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dijelaskan: 

ثلاثٌ أوصاني بهنَّ حبيبي صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ سجدتينِ قبلَ الصبحِ وسجدتيْ الضحى والوترِ بعدَ العشاءِ

“Tiga hal yang kekasihku Rasulullah Saw menasehatiku dengannya; dua rakaat sebelum Subuh; dua rakaat Dhuha; dan Witir sesudah Isya.” 

Kita bisa mengerjakan shalat Dhuha setelah masuknya waktu Syuruq, sampai sekitar 10-15 menit sebelum Zuhur. Kita bisa mengerjakannya dua rakaat, atau empat rakaat, atau enam rakaat, atau delapan rakaat, atau dua belas rakaat dalam riwayat lainnya. 

Intinya, jangan sampai waktu Dhuha berlalu, tanpa ada Shalat Dhuha yang kita kerjakan. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk mengamalkannya. []