Sunnah Tasmiyah Sebelum Makan

Membaca doa sebelum makan merupakan salah satu Sunnah Nabi Muhammad Saw. Sebagaimana diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim, dari Umar bin Salamah radhiyallahu anhu berkata, "Aku berada di rumah Nabi Saw. Tanganku bergerak kemana-mana di jamuan. Kemudian beliau berkata kepadaku, "Wahai anak kecil, baca Basmallah, makan dengan tangan kananmu, dan makanlah yang dekat darimu." 


Jikalau suatu kali kita terlupa membaca Tasmiyah, kita bisa melakukannya ketika sedang makan. Sebagaimana diriwayatkan oleh al-Turmudzi, Abu Daud, Ibn Majah, Ahmad, dan selainnya, dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah Saw bersabda: "Jikalau salah seorang di antara kalian makan, maka bacalah Bismillah. Jikalau ia lupa (membacanya) di awalnya, maka hendaklah membaca: 

بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

"Dengan nama Allah SWT di awalnya dan di akhirnya." 


Bacaan Bismillah ini akan memberikan kita kekuatan untuk menghadapi setan dalam kegiatan sehari-hari yang kita jalani. Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhu, ia mendengar Nabi Saw bersabda, "Jikalau seseorang masuk ke dalam rumahnya, kemudian ia menyebut Allah SWT ketika memasukinya dan ketika makannya, maka setan akan berkata, "Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam." Namun jikalau ia masuk (ke rumahnya), kemudian tidak menyebut nama Allah SWT ketika memasukinya, maka setan akan berkata, "Kalian mendapatkan tempat bermalam." Dan jikalau ia tidak menyebut nama Allah SWT ketika makan, maka setan akan berkata, "Kalian sudah mendapatkan tempat bermalam dan makan malam."


Maka, jangan lupa Tasmiyah.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.