Kekeruhan Dunia

 Hikmah Kedua Puluh Lima


لَا تَسْتَغْرِبْ وُقُوْعَ الْأَكْدَارِ مَا دُمْتَ فِي هَذِهِ الدَّارِ فَإِنَّهَا مَا أَبْرَزَتْ إِلَّا مَا هُوَ مُسْتَحِقُّ وَصْفِهَا وَوَاجِبُ نَعْتِهَا

“Janganlah heran dengan berbagai kekeruhan selama engkau masih berada di dunia ini, karena tidaklah ia tampak kecuali itu adalah sifat wajibnya.”


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Janganlah Anda merasa heran dengan kekeruhan-kekeruhan yang ada di dunia ini, karena ia adalah negeri yang dipenuhi fitnah, gejolak, pertumpahan darah, kesedihan dan sebagainya. Apakah Anda tidak menyaksikan, bagaimana pertumpahan yang terjadi hampir setiap detik di dunia ini?! Apakah Anda tidak menyaksikan, bagaimana peperangan merenggut ribuan nyawa tak berdosa?! Apakah Anda tidak menyaksikan, bagaimana anak-anak kecil kelaparan di benua Afirika?!


Itu adalah dunia. Dan itu adalah kekeruhannya. Jikalau Anda ingin mendapatkan cahaya terang dan kebahagiaan abadi, maka itu hanyalah ada di Akhirat kelak. Dan itupun tergantung amal kebaikan Anda selama berada di dunia ini. Jikalau Anda baik, maka Anda akan mendapatkan surga-Nya dan merasakan kenikmatan abadi. Jikalau Anda jahat dan pelaku maksiat, maka Anda akan diliputi kesengsaraan yang tiada akhir. 


Apapun yang ada di dunia ini, baik uang, jabatan, ketenaran dan sebagainya, maka itu hanyalah kekeruhan. Banyak orang rela berkelahi dan gontok-gontokan demi mendapatkan jabatan. Dan tidak sedikit orang yang rela angkat senjata, demi mendapatkan sedikit materi. Itulah dunia. Semuanya kekeruhan. []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.