Kembali Kepada Allah Swt

Hikmah Kedelapan Puluh Satu


بَسَطَكَ كَيْ لَا يُبْقِيَكَ مَعَ الْقَبْضِ وَقَبَضَكَ كَيْ لَا يَتْرُكُكَ مَعَ الْبَسْطِ وَأَخْرَجَكَ عَنْهُمَا كَيْ لَا تَكُوْنَ لِشَيْءٍ دُوْنَهُ

“Allah Swt memberikanmu kelapangan, agar  engkau tidak selamanya berada dalam kesempitan. Dan Dia menyempitkanmu, agar engkau tidak selamanya berada dalam kelapangan. Dia mengeluarkanmu dari kedua keadaan di atas, agar engkau tidak bergantung dengan selain-Nya.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Allah Swt memberikan kelapangan hidup, agar Anda tidak selamanya menjalani hidup menderita. Dia memberimu rezki, agar Anda bisa makan, minum, memiliki rumah, kekayaan dan sebagainya. Dia juga menganugerahkan Anda keindahan, kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Semua itu merupakan salah satu bentuk nikmat-Nya kepadamu. 


Pada saat yang bersamaan, Dia juga memberikan kesempitan hidup, agar Anda tidak selamanya berada dalam kelapangan. Kadang-kadang Anda merasakan kesusahan hidup, sehingga tidak mendapatkan apapun yang akan Anda dimakan. Perut lapar, namun uang tidak ada. Atau Anda memiliki uang, namun Anda ditimpakan penyakit, sehingga Anda tidak bisa menikmati apa yang diberikan-Nya. 


Silih bergantinya antara kebahagiaan dan kesempitan hidup memiliki hikmah tersendiri, yang kadang-kadang sulit dicerna kecuali oleh orang-orang yang diberikan hidayah-Nya. Coba Anda bayangkan, ketika Anda berada dalam masa sulit, siapakah yang pertama kali Anda ingat?  Pasti Allah Swt, karena itu adalah fithrah manusia, yang akan kembali kepada Pencipta-Nya ketika sulit. 


Jikalau seandainya Anda terus-menerus berada dalam kelapangan, tentu Anda akan mudah tergelincir dan merasa hebat, karena Anda tidak pernah merasakan kesusahan sedikitpun. Namun biasanya, kenikmatan itu baru akan terasa nikmat ketika ada kesusahan. 


Oleh karena itu, semua yang menimpa Anda, baik kebahagiaan dan kesusahan, tujuannya hanyalah untuk mendekatkan Anda kepada-Nya. Ingatlah hal itu dan jangan lupakan. Maka Anda akan bahagia selama-lamanya.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.