Kenikmatan Dunia dan Taufik Allah Swt

 Hikmah Kedelapan Puluh Empat


رُبَمَا أَعْطَاكَ فَمَنَعَكَ, وَرُبَمَا مَنَعَكَ فَأَعْطَاكَ

“Barangkali Allah Swt  memberikanmu (nikmat dunia), namun menghalangimu (nikmat akhirat). Dan barangkali Dia menghalangimu (nikmat dunia), namun memberimu (nikmat akhirat).” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Bisa jadi Allah Swt memberikan Anda berbagai kenikmatan di dunia ini. Anda memiliki uang yang banyak, harta yang melimpah, rumah mewah, mobil mahal dan sebagainya, namun semua itu justru membuat Anda lalai dan tidak pernah bersyukur kepada-Nya. Ini adalah bencana bagi Anda. Dia mengazab Anda dengan sesuatu yang tidak Anda sadari. Anda menyangka nikmat, padahal bencana. 


Jikalau Anda merasakan kesengsaraan hidup di dunia ini; padahal Anda telah taat menjalankan semua perintah-Nya, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan kenikmatan yang lebih baik di Akhirat kelak, yaitu surga-Nya. kesengsaraan yang Anda rasakan di dunia akan segera lenyap ketika Anda melangkahkan kaki di surga-Nya. Seluruh kenikmatan yang selama ini belum Anda dapatkan, maka Anda akan  merasakannya disana. 


Lebih baik dari itu adalah apabila Anda mendapatkan kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Dan itu adalah harapan setiap muslim. Mudah-mudah kita semua mendapatkannya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.