Melihat Ciptaan Allah Swt di Dunia

Hikmah Keseratus Tujuh Belas


أَمَرَكَ فِي هَذِهِ الدَّارِ بِالنَّظَرِ فِي مُكَوَّنَاتِهِ, وَسَيَكْشِفُ لَكَ فِي تِلْكَ الدَّارِ عَنْ كَمَالِ ذَاتِهِ

“Allah Swt memerintahkanmu di negeri ini untuk melihat makhluk-Nya, dan engkau akan menemukan kesempurnaan Zat-Nya di negeri ini.”


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]

 

Jikalau Anda adalah salah seorang hamba Allah Swt yang merindukan pertemuan dengan-Nya dan ingin berada di hadapan-Nya, maka lihatlah alam semesta yang terbentang luas ini, dan saksikan juga bagaimana perjalanan hidup makhluk-Nya. Di dalamnya, Anda akan mendapatkan berbagai tanda-tanda dan ayat-ayat yang menunjukkan ke-Maha Kuasaan-Nya dan ke-Maha Agungan-Nya. 


Cobalah Anda perhatikan pemandangan indah yang berada di sekitar Anda. Layaknya lukisan indah yang bernilai harta tinggi. Jikalau dijual, tentu tidak akan ada yang mampu membelilnya, karena nilainya sangat mahal sekali. Lihat juga bagaimana alam semesta ini berjalan sesuai dengan kodratnya. Tidak melenceng dan keluar dari jalurkanya. Jikalau itu terjadi, maka itulah akhir kehidupan manusia. 


Kenapa Anda diperintahkan-Nya untuk melihat makhluk-Nya, agar Anda bisa melihat-Nya? Jawabannya tidaklah terlalu sulit dan tidak panjang, karena Dia tidak akan mungkin menampakkan dirinya di dunia yang fana ini. Dia hanya bisa dilihat di Akhirat kelak, yang merupakan negeri keabadian. 


Anda tentu pernah mendengar kisah Bani Israel yang meminta kepada Nabi Musa Alahissalam agar diperlihatkan Tuhannya. Ketika Dia menampakkan dirinya, maka gunung meletus, sehingga mereka semuanya pingsan. 


Apa yang ada di dunia ini adalah pancaran sifat-Nya yang Maha Agung. Ketika Anda melihat alam yang indah ini, tentu Anda semakin yakin bahwa Dia Maha Indah. Ketika Anda menyaksikan kekuasaan-Nya yang mampu menghancurkan hamba-Nya dalam sejenak, atau menyembuhkan hamba-Nya yang tidak mungkin sembuh lagi menurut ilmu kesehatan, tentu Anda akan semakin meyakini ke-Maha Kuasaan-Nya. 


Dia adalah Zat yang Maha Sempurna. Tiada cela dalam ciptaan-Nya.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.