Memimpikan Hal Luar Biasa

Memimpikan Hal Luar Biasa


Hikmah Keseratus Dua Puluh Sembilan

كَيْفَ تُخْرَقُ لَكَ الْعَوَائِدُ وَأَنْتَ لَمْ تَخْرَقْ مِنْ نَفْسِكَ الْعَوَائِدُ

“Bagaimana mungkin engkau akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa; sementara engkau tidak melepaskan kebiasan-kebiasaan buruk dari dirimu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Anda mungkin ingin mendapatkan hal-hal luar biasa, yang kita kenal dengan nama karamah, layaknya para wali. Anda mungkin berharap bisa menembus api, atau terbang di udara, atau berjalan di atas air, atau hal-hal menakjubkan lainnya. 


Ingatlah, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya selama Anda belum meninggalkan nafsu syahwat Anda dan mengerahkan segenap usaha Anda untuk Allah Swt semata. Jikalau Anda beribadah, maka janganlah menyusupinya dengan keinginan-keinginan duniawi. Ikhlaslah, dan janganlah riya. Jikalau Anda menunaikan haji, maka janganlah sekedar ingin dipuji saja, atau dihormati di tengah masyarakat. Jikalau Anda mengerjakan shalat, maka jangan semata-mata karena ingin dianggap shaleh.


Tidak, sekali lagi tidak. Tinggalkan semua hasrat-hasrat kotor Anda yang dibisikkan setan. Jikalau Anda menurutinya, maka selama-lamanya akan berada di jurang kebobrokan dan kehinaan. Anda hanya akan menjadi hamba-Nya yang biasa saja, dan tidak memiliki kedudukan istimewa di hadapan-Nya. 


Dambakanlah hal-hal yang luar biasa, dan tinggalkanlah hal-hal yang membuat Anda binasa.