Menuju Angkasa Penyaksianmu

Hikmah Kelima Puluh Enam


أَوْرَدَ عَلَيْكَ الْوَارِدَ لِيُجْرِجَكَ مِنْ سِجْنِ وُجُوْدِكَ إِلَى فَضَاءِ شُهُوْدِكَ

“Allah Swt memberikan kepadamu limpahan spritual, agar Dia bisa mengeluarkanmu dari penjara wujudmu menuju angkasa penyaksianmu.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Ketika Allah Swt memberikan Anda limpahan spritual, maka itu bertujuan mengeluarkan Anda dari penjara wujud yang menghalangi Anda mencapai tujuan tertinggi, yaitu menuju angkasa penyaksikan Anda terhadap-Nya. 


Ketika Anda, misalnya, diuji dengan kesempitan, maka berikanlah haknya, yaitu kesabaran. Jangan mengeluh. Terimalah ketentuan-Nya dan jangan memberontak. Apa yang ditetapkan-Nya bagi Anda adalah kebaikan. Hanya saja kadang-kadang Anda tidak mengetahui rahasia di baliknya.


Atau ketika Anda diberikannya kelapangan hidup, maka bersyukurlah. Mudah-mudahan Dia memberikan limpahan karunia-Nya kepada Anda dan menambahkan rezki-Nya. Janganlah sombong dan bakhil dengan apa yang Anda miliki, karena semua itu hanyalah titipan-Nya. 


Semua bentuk limpahan spritual ini bertujuan mendekatkan Anda kepada-Nya dan menyibak awan-awan penghalang dari mata batin Anda. Semakin banyak jenis spritual yang Anda alami, maka Anda akan semakin terasah menjalani kehidupan bersama-Nya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.