Nikmat Terbesar

Hikmah Keenam Puluh Delapan


إِذَا رَأَيْتَ عَبْدًا أَقَامَهُ اللهُ تَعَالَى بِوُجُوْدِ الْأَوْرَادِ وَأَدَامَهُ عَلَيْهَا مَعَ طُوْلِ الْإِمْدَادِ فَلَا تَسْتَحْقِرَنَّ مَا مَنَحَ مَوْلَاهُ لِأَنَّكَ لَمْ تَرَ عَلَيْهِ سِيْمَا الْعَارِفِيْنَ وَلَا بَهْجَةَ الْمُحِبِّيْنَ, فَلَوْ لَا وَارِدٌ مَا كَانَ وِرْدٌ

“Jikalau engkau melihat seorang hamba ditempatkan oleh Allah Swt dalam posisi yang membuatnya mampu menjalankan berbagai wirid dan kontinyu menjalankannya, serta terus-menerus mendapatkan batuan-Nya, maka janganlah engkau merendahkan apa yang diberikan Tuhannya kepadanya, hanya karena engkau tidak melihat pada dirinya ciri orang-orang arif dan cahaya para pecinta. Jikalau bukan karena karunia-Nya, maka tentu tidak akan ada wirid.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau Anda melihat seorang hamba Allah Swt yang selalu menjalankan wirid kepada-Nya dan tidak pernah terputus menjalankannya, maka ketahuilah bahwa itu adalah karunia-Nya yang diberikan kepada para hamba-Nya yang dicintai-Nya. 


Jangan Anda menyangka, bahwa orang yang berhak mendapatkan karunia-Nya itu terpancar dari ciri-ciri fisik belaka. Tidak, dan sekali lagi tidak. Orang yang bijaksana, tidak harus tampak dari raut mukanya. Dan orang yang mencintai-Nya, tidak harus tampak dari cahaya wajahnya; walaupun sebahagian besarnya memang seperti itu.


Jikalau seorang hamba diberikan-Nya kesempatan untuk selalu wirid berzikir mengingat-Nya, maka itu adalah karunia besar yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun yang ada di dunia ini. Efek yang akan ditimbulkannya adalah efek ruhiyyah yang akan melahirkan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Dan ini sama sekali tidak bisa dibeli dengan apapun. 


Berapa banyak Anda lihat orang-orang yang tidak mendapatkan kesempatan mengingat-Nya. Fikirannya selalu berseliweran dalam urusan-urusan dunia saja. Rumah mewah, wanita, mobil mewah dan sebagainya, hanya itu saja yang menjadi pusat perhatiannya. Dan coba Anda lihat sekeliling Anda, berapa banyak orang kaya yang hidup sengsara; padahal ia memiliki semua materi yang diinginkannya. 


Jadi, kemampuan menjalankan wirid adalah sebuah anugerah besar. Banyak orang yang menginginkannya dan merindukannya, namun hanya sedikit yang berhasil mendapatkannya.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.