Manusia Paling Bodoh

Manusia Paling Bodoh


Hikmah Keseratus Empat Puluh Enam

Manusia Paling Bodoh

أَجْهَلُ النَّاسِ مَنْ تَرَكَ يَقِيْنَ مَا عِنْدَهُ لِظَنِّ مَا عِنْدَ النَّاسِ

“Manusia yang paling bodoh adalah orang yang meninggalkan keyakinannya dengan prasangkaan orang lain.” 


Ibn Athaillah al-Sakandari

(Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari)


Apakah Anda mengetahui manusia yang paling bodoh di seantero jagad raya ini?!

Yah, orang yang paling bodoh adalah orang yang tertipu oleh pujian. Ia menyadari bahwa dirinya tidak seperti yang diucapkan orang lain. Hanya saja ia tertipu, sehingga merasa hebat dan melupakan kekurangannya. 

Ingatlah, Anda lebih mengetahui kekurangan Anda dan kelebihan Anda. Jangan tertipu dan terlena oleh pujian orang lain. Jikalau, misalnya, orang lain mengatakan Anda pintar memperbaiki mobil; padahal Anda tidak mengetahuinya sama sekali, maka jangan terlena. Yakinlah bahwa Anda tidak ahli dalam masalah mobil. Apa yang diucapkannya hanyalah prasangka belaka, karena Anda kebetulan mampu memperbaiki mobilnya atau mobil orang lain. 

Nah, sekarang cobalah perhatikan diri Anda dan pujian yang pernah disampaikan kepada Anda. Setelah itu tanyakanlah, apakah semua itu sesuai kenyataan atau tidak? Jikalau iya, Alhamdullah; segala puji bagi Zat yang telah memberikan Anda kemampuan melakukannya. Jikalau tidak, maka segeralah ber-Istighfar dan berdoalah kepada-Nya: Mudah-mudahan apa yang disangkakan orang lain kepada Anda akan menjadi kenyataan.