Penyebab Amalan Anda Diterima

Penyebab Amalan Anda Diterima


Hikmah Keseratus Tiga Puluh Tiga

لَوْ لَا جَمِيْلُ سِتْرِهِ, لَمْ يَكُنْ عَمَلٌ أَهْلًا لِلْقَبُوْلِ

“Jikalau bukan karena keindahan tutup Allah Swt, maka tidak akan ada amalan yang layak diterima.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Jikalau Anda merasa bahwa semua amalan yang Anda lakukan layak diterima karena kesucian diri Anda dari aib dan kesalahan, maka Anda salah kaprah. Ketahuilah, bahwa amalan Anda layak diterima oleh Allah Swt, karena Dia menutupi aib Anda. 

Janganlah Anda pernah merasa lebih suci dan bersih dari orang lain. Jangan pernah merasa Anda tidak berdosa. Jangan pernah merasa Anda lebih shaleh. Bisa jadi orang yang Anda anggap remeh, lebih baik dari Anda di hadapan-Nya. Dan bisa jadi Anda sendiri lebih buruk di hadapan-Nya; walaupun Anda sudah merasa hebat. 

Apakah Anda tidak menyadari, berapa banyak aib dan kesalahan yang Anda lakukan dalam setiap detik kehidupan Anda? Jikalau seandainya kesalahan itu berbau, maka tidak akan ada yang berani mendekati Anda karena baunya yang luar biasa busuk. Santai sajalah dan jangan merasa lebih baik dari orang lain. Biarkanlah Dia yang menilai, karena Dialah Zat yang Maha Menguasai segala sesuatu. 

Semua amalan yang Anda dikerjakan layak diterima-Nya, karena rahmat-Nya semata-mata. Jikalau hanya mengandalkan diri Anda sendiri, maka tidak akan satu amalanpun yang layak diterima. Semuanya busuk, dan tempat terbaiknya adalah tong sampah. 

Rendahkanlah diri Anda. Tawadhullah kepada Allah Swt dan para hamba-Nya.