Berdoa Kepada Selain Allah Swt

Hikmah Keempat Puluh Satu


لَا تَرْفَعَنَّ إِلَى غَيْرِهِ حَاجَةً هُوَ مُوْرِدُهَا عَلَيْكَ. فَكَيْفَ يَرْفَعُ غَيْرُهُ مَا كَانَ هُوَ لَهُ وَاضِعًا. مَنْ لَا يَسْتَطِيْعُ أَنْ يَرْفَعَ حَاجَةً عَنْ نَفْسِهِ فَكَيْفَ يَسْتَطِيْعُ أَنْ يَكُوْنَ لَهَا عَنْ غَيْرِهِ رَافِعًا.

“Janganlah mengangkat kedua tanganmu kepada selain Allah Swt; padahal Dialah yang memenuhi kebutuhanmu. Bagaimana mungkin selain-Nya akan mamou mengubah sesuatu yang telah ditetapkan-Nya. Barangsiapa yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, maka bagaimana dia akan mampu memenuhi kebutuhan selainnya.” 


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari] 


Janganlah Anda berdoa dan memohon kepada selain Allah Swt, karena hanya Dialah yang mampu memenuhi segala kebutuhan Anda. Janganlah Anda berdoa dan memohon kepada benda mati, seperti berhala dan sejenisnya, karena ia tidak akan mampu mengabulkannya, bahkan ia tidak mendengar apa yang Anda katakan. Jangan pula memohon dan berharap kepada manusia lainnya, karena ia akan marah jikalau Anda terlalu sering meminta dan memberatkannya. Dan jangan pula bergantung dengan usaha Anda, seolah semua yang Anda dapatkan adalah berkat usaha Anda sendiri tanpa ada bantuan-Nya, karena ini adalah bentuk kesyirikan lainnya. Hanyalah Dialah yang mampu memenuhi semua kebutuhan Anda dan mengabulkan semua permintaan Anda. 


Para makhluk-Nya tidak akan mampu merubah apa yang telah ditetapkan-Nya. Jikalau Dia, misalnya, menetapkan bahwa Anda tidak akan mendapatkan rezki pada hari ini, maka Anda tidak akan mendapatkannya; walaupun Anda meminta kepada orang lain yang kaya dan memiliki segudang harta. Dan jikalau Dia menetapkan bahwa Anda akan mendapatkan uang satu Milyar hari ini; padahal menurut logika normal tidak mungkin, maka Anda akan mendapatkannya. Itu adalah ketetapan-Nya, yang tidak mungkin diganggu gugat oleh siapapun. 


Janganlah Anda berdoa dan memohon kepada sesuatu yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Bagaimana mungkin Anda mau bermohon kepada kayu atau berhala atau orang mati di dalam kuburannya, padahal ia sendiri tidak mampu menyelamatkan dirinya dari azab yang sedang menimpanya. 


Orang yang lemah dan berada di bawah kekuasaan-Nya tidak akan mampu merubah dan mengganggu gugat keputusan-Nya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.