Limpahan Spritual

 Hikmah Kelima Puluh Empat


إِنَّمَا أَوْرَدَ عَلَيْكَ الْوَارِدَ لِتَكُوْنَ بِهِ عَلَيْهِ وَارِدًا

“Allah Swt mengkaruniakan kepadamu limpahan spritual, agar engkau bisa menghampiri-Nya.”


(Ibn Athaillah al-Sakandari)

[Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari]


Allah Swt menganugerahkan berbagai limpahan spritual kepadamu, seperti kemiskinan yang membuatmu gelisah dan kekayaan yang membuatmu bahagia, maka semua itu tidak lain hanyalah agar Anda selalu menghampiri-Nya. 


Terimalah semua yang diberikan-Nya kepada Anda. Jikalau Anda diberikan kenikmatan, maka bersyukurlah, niscaya Dia akan menambahnya. Janganlah mengkufuri-Nya, karena Anda sendiri yang akan merasakan akibatnya, baik di dunia maupun di akhirat kelak. 


Jikalau Anda ditimpakan-Nya musibah, maka bersabarlah dan harapkanlah kelapangan-Nya. Janganlah Anda menjauhi-Nya dan meninggalkan perintah-Nya, karena hal itu justru akan membuat Anda makin sengsara. 


Naik dan turunnya nikmat yang Anda terima adalah sebuah kebaikan yang mengandung hikmah mendalam. Kadang-kadang akal mampu mencernanya, dan kadang-kadang akal justru lemah mengenalisannya. Pastinya, segala sesuatu pasti ada hikmahnya. 


Kebahagiaan hakiki adalah ketika Anda dekat dengan-Nya, dan kesengsaraan hakiki adalah ketika Anda menjauhi-Nya; walaupun Dia selalu dekat bersama Anda. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.