Kehendak Allah Swt Tempat Bergantung

Kehendak Allah Swt Tempat Bergantung


Hikmah Keseratus Tujuh Puluh Tiga

Kehendak Allah Swt Tempat Bergantung

إِنَّ الْمَشِيْئَةَ يَسْتَنِدُ كُلُّ شَيْءٍ وَلَا تَسْتَنِدُ هِيَ إِلَى شَيْءٍ

“Keinginan Allah Swt adalah tempat bersandar segala sesuatu, dan ia tidak bersandar kepada apapun.” 


Ibn Athaillah al-Sakandari

Kitab al-Hikam karya Ibn Athaillah al-Sakandari


Segala sesuatu yang ada di dunia ini bergantung dengan keinginan Allah Swt. Jikalau Anda melihat matahari yang memancarkan cahayanya dengan sangat terangnya, maka ketahuilah bahwa itu adalah atas kehendak-Nya. Andaikan saja Dia berkehendak lain, maka bisa jadi matahari itu redup dan tidak akan memancarkan lagi sinarnya selama-lamanya. 

Anda bisa bernafas dan berjalan pada hari ini, itu adalah karena keinginan-Nya. Andaikan Dia menginginkan Anda meninggal pada detik ini juga, maka Anda tidak akan pernah bisa menyelamatkan diri; walaupun Anda memiliki kecepatan yang luar biasa. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang menunjukkan keinginan-Nya adalah penopang segala sesuatu. 

Sedangkan keinginan-Nya, maka ia tidak bergantung dengan apapun. Dia menciptakan ini dan itu adalah berdasarkan pilihan-Nya. Tidak ada seorangpun atau apapun yang mengintervensi-Nya. Jangan Anda pernah menyangka, bahwa apa yang Anda dapatkan adalah berkat usaha Anda sendiri, atau doa Anda. Tidak, sama sekali tidak. Itu adalah keinginan-Nya, yang sudah ditakdirkan menjadi bagian Anda.